Struktur Teks Eksplanasi Beserta Pengertian dan Kaidahnya

Teks eksplanasi dapat dipahami sebagai teks yang berisi tentang proses terjadinya suatu fenomena, baik itu fenomena alam maupun fenomena sosial. Teks ini bertujuan untuk menyampaikan informasi secara akurat dan jelas kepada para pembaca terkait suatu fenomena. Teks ini juga memiliki struktur dan kaidah penulisan tersendiri. Berikut ini beberapa struktur dan kaidah dari teks eksplanasi yang kami rangkum secara lengkap.

Pengertian Teks Eksplanasi

  • Secara etimologi teks eksplanasi berasal dari bahasa inggris yang artinya sebuah penjelasan atau penerangan. Kemudian secara terminologi, teks eksplanasi adalah sebuah teks yang menjelaskan proses dari suatu fenomena alam maupun sosial yang terjadi. Pada umumnya teks ini berisikan informasi ilmiah yang menarik untuk di baca. Selain itu, penulisannya teks ini memiliki beberapa struktur yaitu sebagai berikut.

teks eksplanasi

Struktur Teks Eksplanasi

Salah satu perbedaan mendasar yang dimiliki oleh jenis teks ini adanya struktur runtut dalam pembuatannya. Dalam contoh teks eksplanasi bencana misalnya. Dimulai dengan keterangan singkat, sebab akibat terjadinya bencana tersebut dan diakhiri dengan kesimpulan. Untuk memudahkan Anda dalam mempelajarinya, berikut ini adalah urutan struktur tersebut.

  1. Bagian Pembuka (Pernyataan Umum)

Bagian pembuka ini berisikan kalimat yang pernyataan umum dari seorang penulis tentang suatu pokok bahasan. Pernyataan umum ini meliputi di mana dan bagaimana fenomena itu terjadi. Misalnya fenomena tentang gerhana matahari. “Gerhana matahari yang pernah terjadi kemarin berlangsung di berbagai daerah di Indonesia. Gerhana tersebut berlangsung karena posisi Matahari, Bulan, dan Bumi berada pada garis yang sama.

Sehingga pada saat gerhana tersebut, bumi yang semula terang mendadak menjadi gelap untuk beberapa saat”. Tahapan ini mengawali pembentukan teks eksplanasi. Meskipun umum namun harus berdasarkan fakta dan bersifat ilmiah. Harus ada data yang akurat yang mendasarinya. Misalnya pada teks eksplanasi banjir, diawali dengan apa itu bencana banjir dan daerah mana saja yang sering terkena dampak bencana ini.

  1. Bagian Isi (Sebab Akibat)

Struktur teks eksplanasi  berikutnya adalah bagian isi. Bagian ini berisikan penjelasan dari pokok bahasan yang lebih detail. Penjelasan tersebut ditulis secara berurutan dari awal hingga akhir terkait fenomena yang menjadi topik pembahasan. Misalnya fenomena gerhana matahari tadi. “Fenomena gerhana matahari merupakan fenomena alam yang terjadi dalam rentang waktu tertentu.

Fenomena ini tergolong fenomena langka yang terjadi beberapa tahun sekali. Sehingga tidak heran banyak masyarakat yang mencoba mengabadikan fenomena tersebut. Gerhana matahari terjadi berlangsung cukup lama di berbagai daerah di Indonesia. Fenomena tersebut berhasil membuat gelap langit Indonesia untuk beberapa menit. Kemudian terang kembali, setelah matahari kembali beredar dan bergeser dari titik sebelumnya”.

Selanjutnya dijelaskan mengenai penyebab terjadinya peristiwa tersebut dan akibat yang ditimbulkan. Penyajiannya harus runtut agar mudah dimengerti oleh pembaca. Dalam contoh teks eksplanasi berkaitan dengan peristiwa alam, akan dijelaskan mengenai penyebab, jenis, dan yang terakhir adalah dampaknya bagi lingkungan sekitar.

  1. Bagian Penutup (Interpretasi)

Struktur teks eksplanasi  yang ketiga adalah bagian penutup. Bagian teks ini berisi kesimpulan dari fenomena yang sedang dibahas. Misalnya kesimpulan dari fenomena gerhana matahari tadi. “Berdasarkan penjelasan tadi dapat dipahami bahwa gerhana matahari merupakan fenomena alam yang langka. Fenomena ini berlangsung cukup lama di berbagai daerah di Indonesia”.

Struktur teks eksplanasi yang terakhir berupa rangkuman berdasarkan data yang ada di dua tahapan diatas. Pada contoh teks eksplanasi sosial mengenai masalah pengangguran misalnya, penutup berupa solusi yang mungkin bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut beserta kemungkinan yang terjadi jika pengangguran tidak bisa diatasi dengan segera.

Baca Juga : Contoh Teks Eksplanasi

Itulah tadi beberapa struktur teks eksplanasi  beserta contohnya. Selain contoh di atas, juga ada contoh teks eksplanasi sosial yang dapat Anda pelajari. Misalnya tentang fenomena pengangguran yang terjadi di Indonesia. Namun yang perlu Anda perhatikan dalam penulisan teks ini adalah kaidah-kaidahnya. Adapun beberapa kaidah dari penulisan teks ini ialah sebagai berikut.

Kaidah Teks Eksplanasi

  1. Informasi harus ditulis sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan
  2. Informasi harus bersifat ilmiah (tidak bersifat fiktif)
  3. Informasi harus bersifat informatif dan mudah dipahami oleh pembaca
  4. Teks harus dibuat dengan maksud menjelaskan sesuatu yang benar-benar terjadi
  5. Penggunaan kata dalam teks harus sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)

Secara umum, teks yang bersifat eksplanasi memiliki 2 tujuan yaitu menjelaskan peristiwa yang sedang terjadi serta sebab akibatnya. Info yang diberikan diharapkan bisa memberikan penjelasan secara lengkap kepada pembacanya. Teks ini banyak juga yang dimuat di media.

Pada peristiwa bencana alam contohnya, pembaca atau malah korban bisa mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar dampak yang dialami tidak terlalu besar dan juga pencegahan agar bisa mengatasi sebab supaya tidak terulang kembali. Dengan begitu manfaatnya benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat.

Demikianlah beberapa informasi terkait pengertian teks eksplanasi, struktur, serta kaidah-kaidahnya. Berbagai macam contoh dari teks tersebut dapat Anda pelajari secara mandiri melalui Internet. Anda juga dapat membuat beberapa contoh teks eksplanasi untuk menjelaskan fenomena-fenomena yang terjadi di sekitar Anda. Utamakanlah fenomena-fenomena yang bersifat umum, serta tulis sesuai dengan kaidah penulisan teks eksplanasi.