Macam Macam Sumber Hukum Beserta Pengertian dan Contohnya

Sumber Hukum – Pengertian sumber hukum secara umum adalah segala sesuatu yang bisa melahirkan hukum. Sumber hukum juga biasa disebut sebagai asal muasal hukum. Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai jenis sumber hukum, tentunya Anda perlu memahami terlebih dahulu tentang definisi dari sumber hukum tersebut agar tidak bingung. Dalam definisi lain sumber hukum adalah segala sesuatu yang bisa mengeluarkan aturan-aturan dengan sifat memaksa. Artinya jika ada yang melanggar hukum maka ia harus menerima sanksi yang tegas sesuai dengan hukuman yang telah ditentukan.

Agar Anda lebih paham mengenai macam-macam sumber hukum, tentunya tak hanya mengetahui jenisnya saja tapi juga harus mengetahui contoh-contohnya agar dapat melaksanakannya dalam kehidupan bermasyarakat secara nyata. Berikut adalah beberapa macam sumber hukum beserta contohnya.

Macam Macam Sumber Hukum dan Contohnya :

1. Sumber hukum material
Macam sumber hukum yang pertama adalah sumber hukum material. Definisi dari sumber hukum material adalah norma, kaidah atau aturan yang berasal dari manusia untuk mengatur bagaimana bersikap dan bertindak dalam hidup bermasyarakat. Dalam pengertian lainnya, dapat juga dikatakan bahwa sumber hukum material disebut juga sebagai tempat dimana material tersebut diambil. Isi hukum dapat ditentukan oleh pendapat individu ataupun pendapat masyarakat. Dengan begitu pembentukan hukum dapat ditentukan berdasarkan keyakinan terhadap hukum dari masyarakatnya sendiri.

sumber hukum

2. Sumber hukum formal
Sumber hukum yang ke dua adalah sumber hukum formal. Sumber hukum formal memiliki hubungan erat dengan sumber hukum material, dimana sumber hukum formal merupakan pengaplikasian dari sumber hukum material. Dengan begitu hukum formal harus berjalan dan ditaati oleh semua objek hukum. Objek hukum disini adalah semua masyarakat dan warga Negara yang berada di suatu Negara. Tak hanya berlaku untuk warga Negara Indonesia saja, tapi juga berlaku untuk warga Negara asing yang menetap di Indonesia.

Beberapa contoh dari sumber-sumber hukum formal yang ada di Indonesia yang pertama adalah Undang-undang, yang memiliki kekuatan mengikat dan dijaga oleh penguasa Negara. Selain undang-undang, terdapat pula sumber hukum lainnya seperti perpu, PP, dan lain sebagainya. Contoh yang kedua adalah kebiasaan masyarakat, seperti adat istiadat dan tradisi yang berlaku di berbagai daerah Indonesia yang berbeda. Adat istiadat tersebut memang tidak berasal dari pemerintah, namun harus ditaati karena sudah merupakan aturan yang berasal dari nenek moyang secara turun-temurun.

Contoh macam-macam sumber hukum formal yang ketiga adalah Yurisprudensi, yang merupakan keputusan dari hakim masa lalu mengenai suatu perkara. Dan keputusan tersebut digunakan kembali oleh hakim di masa mendatang saat terjadi perkara yang sama. Jika suatu perkara di vengadilan tidak diatur dalam Undang-undang maka hakim berhak untuk membuat keputusan sendiri. Contoh jenis sumber hukum yang keempat adalah traktat. Traktat adalah suatu perjanjian yang dilakukan oleh dua Negara atau lebih. Perjanjian tersebut bersifat mengikat dan harus dipatuhi oleh warga Negara.

Contoh macam-macam sumber hukum formal yang terakhir adalah doktrin. Doktrin adalah sumber hukum yang berasal dari pendapat-pendapat ahli hukum terkemuka yang kemudian dijadikan landasan penting dalam hukum yang berlaku. Tak hanya digunakan sebagai landasannya, tapi juga dalam penerapannya.

Baca juga : Pengertian hukum

Demikian beberapa penjelasan mengenai definisi sumber hukum, macam-macam sumber hukum yang berlaku di Indonesia beserta contoh-contohnya. Setiap warga Negara Indonesia tentunya wajib mengetahui sumber hukum yang berlaku agar dapat hidup sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah demi mewujudkan Negara yang teratur.

Hasil Pencarian:

sumber hukum,sumber sumber hukum,apa saja hukum sumber,contoh hukum traktat,contoh kasus nyata di indonesia kasus hukum traktat,contoh sumber hukum formal,sumber - sumber hukum,sumber hukum dan sansi hukum