Sistem Peredaran Darah Besar dan Peredaran Darah Kecil

Peredaran Darah Besar dan Kecil – Tubuh manusia terdiri dari berbagai sistem kerja yang bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing. Ada sistem pencernaan, sistem pernapasan, sistem pengeluaran atau ekskresi dan yang paling penting adalah sistem peredaran darah. Sistem peredaran darah inilah yang akan mengatur peredaran darah yang mengandung oksigen di dalam tubuh. Sistem peredaran darah sendiri terdiri dari sistem peredaran darah besar dan kecil. Lalu apa yang membedakan kedua sistem peredaran darah ini?

Sistem Peredaran Darah

Sebelum mengetahui perbedaan antara peredaran darah kecil dan besar, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu sistem peredaran darah. Sistem ini adalah sebuah sistem yang mengatur peredaran darah yang mengalirkan darah dari dan ke luar jantung. Manusia memiliki sistem peredaran darah tertutup, yang mana sirkulasi darah yang terjadi berada di dalam tubuh manusia.

sistem peredaran darah besar dan kecil

Pada sistem peredaran darah ini, ada banyak organ yang turut berperan seperti jantung dan juga pembuluh darah. Meskipun sama-sama melakukan sirkulasi darah, baik peredaran darah kecil maupun besar memiliki perbedaan yang mendasar. Lalu apakah perbedaan antara sistem peredaran darah kecil dan besar yang membedakan keduanya? Berikut penjelasannya.

Perbedaan Sistem Peredaran Darah Besar dan Kecil

  1. Alur Sirkulasi Darah

Perbedaan peredaran darah besar dan kecil yang paling mendasar adalah aliran atau alur sirkulasinya. Alur peredaran darah besar dan kecil melalui organ-organ yang hampir sama, namun dengan alur yang sedikit berbeda. Pada peredaran darah besar, alirannya adalah membawa darah yang mengandung oksigen dan sari-sari makanan tersebut dari jantung lalu dialirkan ke seluruh tubuh dan kembali ke jantung. Sedangkan peredaran darah kecil, darah dibawa dari jantung hanya sampai paru-paru lalu kembali lagi ke jantung.

  1. Organ-Organ yang Dilewati

Karena berbentuk sistem tentu tidak hanya satu organ yang berperan dalam sistem peredaran darah ini. Perbedaan selanjutnya dari peredaran darah kecil dan besar ini adalah organ-organ yang dilewatinya. Sama seperti pengertiannya, peredaran darah besar melewati organ jantung, lalu dialirkan ke seluruh tubuh lalu kembali lagi ke jantung. Jadi yang dilewati adalah jantung dan organ lain di seluruh tubuh. Sedangkan peredaran darah kecil hanya melewati jantung dan paru-paru lalu kembali ke jantung.

  1. Kandungan yang dibawa

Perbedaan peredaran darah besar dan kecil selanjutnya adalah tentang kandungan yang dibawa oleh darah yang akan diedarkan tersebut. Pada peredaran darah besar, darah yang diedarkan adalah darah yang mengandung Oksigen, kemudian diedarkan ke seluruh tubuh, kemudian kembali ke jantung dengan membawa darah yang mengandung karbon dioksida.

Sedangkan untuk peredaran darah kecil awalnya banyak mengandung karbon dioksida (CO2) yang kemudian diedarkan ke paru-paru. Darah yang sampai di paru-paru kemudian diproses sehingga kandungan berubah menjadi banyak mengandung Oksigen (O2), lalu diedarkan kembali ke jantung.

Dalam ilmu kedokteran, sistem peredaran darah besar dan kecil yang terjadi sekaligus di dalam tubuh manusia ini biasa juga disebut dengan peredaran darah ganda, karena ada sistem peredaran darah kecil dan besar sekaligus.

Baca juga : Tekanan darah normal

Memahami sistem yang bekerja pada tubuh Anda tentu sangat penting. Dengan mengetahuinya, Anda bsia memahami setiap sistem yang bekerja dan fungsi atau maksud dari sistem yang terjadi tersebut. Seperti penjelasan tentang sistem peredaran darah besar dan kecil pada tubuh manusia di atas serta apa saja yang membedakan kedua sistem peredaran darah tersebut. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pengetahuan lebih tentang sistem yang bekerja pada tubuh Anda.

Hasil Pencarian:

Contoh gambar peredaraan darah besar dan peredaraan darah kecil,gambar sistem peredaran darah kosong,peredaran darah besar dan kecil,peredaran darah kecil,sistem peredaran darah kecil

Tags: