Pengertian Populasi dan Sampel Beserta Contohnya

Populasi dan Sampel – Bagi Anda yang pernah berkecimpung dalam dunia penelitian, maka sudah tidak heran dengan istilah Populasi dan Sampel. Kedua istilah tersebut lazim Anda dengar, bahkan juga menjadi salah satu aspek penelitian yang harus diperhatikan. Namun berbeda halnya, ketika Anda sebagai pemula dalam dunia penelitian. Tentunya perlu pemahaman ekstra terhadap dua istilah tersebut.

Misalnya ketika Anda ingin meneliti sebuah populasi yang berjumlah 1000 orang, maka sudah jelas Anda akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk melakukan survey secara satu persatu. Oleh sebab itu, Anda perlu memahami bagaimana cara pengembalian sampel dari 1000 orang tadi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini pengertian populasi dan sampel yang dapat Anda pelajari.

Pengertian Populasi dan Sampel dalam Penelitian

Populasi adalah seluruh jumlah dari subjek yang akan diteliti oleh seorang peneliti. Misalnya terkait survey di atas tadi, maka jumlah 1000 orang tersebut dikatakan sebagai Populasi. Kemudian pada pendapat lain menyatakan bahwa secara harviah pengertian populasi adalah seluruh variabel yang terkait dengan topik pada penelitian.

populasi dan sampel

Sugiyono juga menjelaskan bahwa populasi adalah generalisasi dari objek maupun subjek penelitian yang memiliki karakteristik dan ditentukan oleh peneliti untuk dipelajari, lalu diambil sebuah kesimpulan. Selanjutnya, populasi juga dapat diartikan sebagai nilai yang diperoleh dari hasil pengukuran ataupun perhitungan dari sekelompok objek tertentu.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, maka dapat dipahami bahwa populasi adalah keseluruhan dari subjek penelitian yang akan diteliti. Subjek tersebut dapat pula berupa sejumlah nilai yang diperoleh dari hasil perhitungan tertentu. Selanjutnya bagaimana dengan sampel sebagaimana sempat disinggung di atas tadi. Secara gamblang sampel adalah sebagian subjek yang diambil dari keseluruhan subjek penelitian (populasi). Jumlah yang sebagian inilah yang akan menjadi fokus penelitian. Tentu saja jumlah sebagian yang diambil tersebut (sampel) harus mewakili seluruh jumlah subjek penelitian (populasi).

Dengan kata lain Populasi dan Sampel merupakan dua hal yang saling berkaitan atau pun tidak terpisahkan. Melalui sampel ini seseorang dapat mengetahui karakter dari sejumlah subjek pada suatu tempat tertentu. Misalnya ketika ingin meneliti karakter 1000 orang siswa dalam belajar, maka peneliti cukup mengambil sejumlah sampel dari 1000 siswa tadi untuk diteliti. Sehingga melalui sampel yang diambil akan diketahui karakter dari semua siswa (1000 orang) tersebut.

Selanjutnya, terkait dengan sampel dalam penelitian dikenal istilah sampling. Sampling sendiri dapat dipahami sebagai tata cara pengambilan sebuah sampel dari populasi (Sugiyono, 2006). Untuk lebih jelasnya, perhatikan kembali contoh populasi dan sampel mengenai penelitian 1000 karakter siswa tadi. Maka sangat tidak efisien jika Anda sebagai peneliti harus melalukan riset ke masing-masing 1000 siswa tersebut.

Oleh karena itu, Anda harus melakukan pengambilan sampel (sampling) dengan menggunakan perhitungan dan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Melalui teknik sampling yang benar Anda akhirnya mendapatkan 250 orang siswa sebagai sampel penelitian. 250 siswa inilah yang Anda teliti untuk mengetahui karakter dari 1000 orang siswa tadi.

Baca juga : Resume Adalah

Itulah tadi beberapa informasi terkait Populasi dan Sampel Penelitian. Pada umumnya baik populasi maupun sampel banyak digunakan dalam metode penelitian eksperimen. Sebab pada penelitian tersebut mengharuskan peneliti melakukan uji coba kepada sejumlah subjek yang berasal dari populasi tertentu. Hal penting yang harus diingat terkait dengan pengambilan sampel ini, terdapat banyak cara atau pun teknik pengambilannya, misalnya Teknik Sample Random dan Non-Random.

Tentunya masing-masing teknik tersebut memiliki indikator dan ketentuannya tersendiri. Oleh sebab itu, perlu kiranya sebagai peneliti pemula Anda memahami secara maksimal terkait Populasi dan Sampel ini. Demikianlah, semoga informasi tadi dapat bermanfaat bagi Anda.

Hasil Pencarian:

pengertian populasi,populasi dan sampel,populasi,populasi adalah,pengeetian populasi,uraikan yang anda ketahui tentang populasi dan sampel dlm suatu penelitian? berikan contohnya,comtoh populasi dan sampel,berikan ilustrasi contoh tentang populasi dan sampel,apa yang dimaksud sampel dan populasi,apa yang dimaksud dengan populasi dan sampel