Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Fungsinya

Pengertian Manajemen – Hampir semua hal membutuhkan manajemen, baik dalam berbisnis, belajar, dan lain sebagainya. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan manajemen? Pengertian manajemen adalah suatu proses dimana Anda mulai melakukan koordinasi pada suatu hal. Hal penting yang berperan dalam manajemen adalah cara Anda untuk mencapai tujuan serta menyeimbangkannya dengan hal-hal lain yang bertentangan.

Saat Anda melakukan manajemen, maka pekerjaan akan lebih efisien dan efektif. Manajemen tidak bisa dilepaskan dari Planning (perencanaan), Actuating (pelaksanaan), Controlling (pengendalian) dan Organizing (pengorganisasian). Pada dasarnya, banyak sekali ahli yang membahas tentang pengertian dari manajemen itu sendiri. Dari situ akan coba kami paparkan rangkuman kumpulan pengertian manajemen berdasarkan pendapat para ahli dalam bidang management.

pengertian manajemen

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli :

  1. Pengertian manajemen menurut para ahli yang pertama datang dari The Liang Gie. Dimana Liag menjelaskan bahwa manajemen adalah sebuah unsur yang memiliki peran dalam serangkaian kegiatan yang dapat mengarahkan setiap fasilitas kerja dan menggerakkan karyawan-karyawan agar bisa mencapai tujuan organisasi yang sudah ditetapkan di awal. Liang lebih fokus pada fungsi dari manajemen itu sendiri yakni keseimbangan yang terjadi antara pergerakan bawahan dengan pengolahan dan penggunaan fasilitas kerja yang ada.
  2. Pengertian manajemen juga dijelaskan oleh Odway Tead. Tokoh ini berpendapat bahwa manajemen merupakan proses dari pelaksanaan kegiatan usaha memimpin sekaligus menunjukkan arah tujuan dari penyelenggaraan tugas organisasi untuk mewujudkan tujuan yang sudah dibuat bersama. Menurutnya fungsi manajemen terletak pada leading dan pengarahan. Sedangkan Marry Parker Follet berpendapat bahwa manajemen adalah sebuah seni yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan atau kegiatan melalui orang lain. Parket lebih menitikberatkan pada fungsi utama manajemen dalam mempengaruhi serta memimpin orang lain sehingga bisa bekerja sesuai dengan tujuan bersama-sama.
  3. Tokoh lain yang menjelaskan tentang definisi manajemen adalah T Hani Handoko. Beliau menyatakan bahwa manajemen merupakan suatu proses bekerja secara bersama untuk menginterpretasikan, menentukan, serta mencapai sebuah tujuan dari organisasi itu sendiri melalui sebuah pelaksanaan dari pengorganisasian, pengarahan, perencanaan, kepemimpinan, pengawasan dan penyusunan personalia. Pengertian manajemen juga dikemukakan oleh Eiji Ogawa. Dimana ia berpendapat bahwa manajemen merupakan suatu proses yang di dalamnya terdapat pengimplementasian, pengendalian dan perencanaan kegiatan-kegiatan yang masuk dalam sistem yang diberlakukan oleh organisasi. Dalam hal ini, organisasi sudah menetapkan sasaran dan tujuan atau sasaran ingin dicapai sehingga bisa diperbaiki dan disempurnakan sesuai dengan munculnya perubahan kondisi selama prosesnya.

Fungsi Manajemen :

  1. Fungsi manajemen sebenarnya adalah sebuah acuan yang akan diberikan kepada masing-masing anggota organisasi. Acuan tersebut akan diberikan kepada anggota sesuai dengan porsi dan keahlian masing-masing. Dalam hal ini, masing-masing anggota memiliki peranan yang penting dalam kegiatan manajemen. Keberhasilan suatu pekerjaan atau kegiatan sangat bergantung dari kemampuan Anda memanajemennya. Kegiatan akan berhasil jika manajemennya teratur dan baik.
  2. Setelah mengetahui definisi manajemen, tentunya Anda juga harus memahami apa saja fungsi dari manajemen itu sendiri. Apalagi ada banyak ahli manajemen yang mengemukakan pendapatnya tentang hal ini. Salah satunya adalah G.R Terry yakni seorang yang ahli tentang manajemen dan menjelaskan tentang fungsi manajemen di dalam bukunya “Principle of manajemnet”. Dalam bukunya tersebut diketahui bahwa fungsi dari manajemen dibedakan menjadi 4 yakni pengorganisasian, pengendalian, pelaksanaan dan perencanaan.
  3. Berbeda dengan pendapat Henry Fayol yang menjelaskan bahwa manajemen berfungsi sebagai pengorganisasian, perencanaan, pengendalian dan pemberian perintah. Meskipun demikian, pada dasarnya fungsi manajemen yang dijelaskan oleh para ahli tidaklah jauh berbeda. Hanya penyampaian dan pengolahan katanya saja yang berbeda.

Demikianlah sajian informasi mengenai definsi dan pengertian manajemen secara umum berdasarkan pada teori teori para ahli dan pakarnya. Selain itu, anda juga bisa menyimak dengan baik materi fungsi fungsi manajemen yang juga kami paparkan pada paragraf diatas. Semoga dengan adanya informasi mengenai definisi manajemen berserta fungsinya ini bisa memberikan wawasan baru untuk anda semya, khususnya yang sedang mengerjakan tugas makalah manajemen. Terimakasih!