Pengertian Hukum Menurut Para Ahli dan Tujuan Hukum

Pengertian Hukum Menurut Para Ahli – Hukum adalah sebuah landasan yang dijadikan untuk titik utama berlangsungnya sebuah negara. Setiap negara pasti memiliki sistem hukum masing-masing. Sistem hukum ini disesuaikan dengan keadaan dan kondisi yang ada di negara tersebut. Keberadaan hukum sangat penting dalam sebuah negara karena bisa dijadikan sebagai landasan segala hal yang berkaitan dengan jalannya sistem pemerintahan. Jika sebuah negara tidak memiliki hukum maka keberlangsungan negara tersebut akan dipertanyakan atau bahkan akan hancur karena tidak ada yang dijadikan pedoman dalam setiap langkahnya.

Pengertian Hukum Pidana dan Perdata di Indonesia

Sama seperti negara lain, Indonesia juga memiliki hukumnya sendiri. Sebelum mengetahui dan mempelajari hukum yang berlaku di Indonesia, alangkah lebih baik untuk memahami apa itu definisi hukum secara umum. Pengertian hukum secara umum adalah sebuah peraturan yang terbentuk dari adanya norma dan sanksi yang dibuat dan ditujukan untuk dipergunakan dalam mengatur tingkah laku manusia. Selain itu, hukum juga digunakan untuk menjaga keadilan, ketertiban dan mencegah terjadinya sebuah kekacauan yang tidak diinginkan.

pengertian hukum

Selain dijelaskan secara umum, hukum juga dijelaskan menurut pandangan beberapa ahli hukum. Pengertian hukum menurut para ahli ini yang selanjutnya bisa diringkas menjadi pengertian secara umum. Beberapa ahli hukum yang menyampaikan pendapatnya adalah Achmad Ali, Plato, Prof. Dr. Van Khan dan beberapa ahli lainnya.

Pengertian hukum menurut Achmad Ali adalah sebuah norma yang digunakan untuk mengatur benar salah sebuah kejadian. Hukum dieksistensikan dan dibuat oleh pemerintah baik secara tidak tertulis maupun secara tertulis. Hukum juga memiliki sanksi bagi mereka yang melakukan tindak pelanggaran terhadap norma yang sudah ditetapkan. Pendapat lain keluar dari seorang ahli bernama Plato. Plato menyebutkan bahwa hukum merupakan peraturan yang tersusun dengan baik dan mengikat masyarakat juga pemerintah.

Selain pengertian hukum, hukum sendiri terdiri atas beberapa unsur yang wajib dipahami. Unsur-unsur hukum diantaranya adalah peraturan tentang tingkah laku manusia dalam kehidupan bermasyarakat, peraturan tersebut dibentuk dan diadakan oleh badan-badan resmi yang berkepentingan, peraturan yang dibuat bersifat memaksa, dan yang terakhir adanya sanksi bagi mereka yang melanggar peraturan. Sanksi yang diberikan cukup tegas.

Tujuan Hukum di Indonesia

Tujuan hukum dapat ditinjau dari segi universal. Seperti yang sudah dikemukakan bahwa hukum adalah sebuah peraturan, maka tujuan dari adanya hukum sendiri adalah mengatur segala bentuk ketertiban, kedamaian, kesejahteraan, ketentraman dan kebahagiaan dalam hidup bermasyarakat. Hukum juga dibuat untuk dapat menjaga serta mencegah sebagian orang untuk melakukan tindakan main hakim sendiri.

Baca juga : Pengertian Globalisasi

Hukum di Indonesia sendiri terdiri dari berbagai jenis, salah satunya adalah hukum pidana dan hukum perdata. Kedua jenis hukum ini memiliki pengertian masing-masing. Selain pengertian yang berbeda, kedua jenis hukum ini juga diciptakan untuk tujuan yang berbeda. Sanksi yang diberikan juga tentu saja berbeda antara hukum perdata dengan hukum pidana.

Pengertian hukum pidana adalah sebuah hukum yang dibuat dengan tujuan untuk dapat melindungi kepentingan umum yang berimplikasi secara langsung dalam masyarakat umum secara luas. Apabila terjadi penyimpangan pidana maka akan berdampak buruk pada ketentraman, kesejahteraan, keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Pengertian hukum perdata adalah hukum yang bersifat privat dengan menitikberatkan sesuatu pada pengaturan hubungan antara satu orang dengan orang lain. Hukum adalah sesuatu yang pribadi dalam jenis ini sehingga jika suatu saat terjadi penyelewengan akan berdampak secara pribadi pula.