Pengertian Globalisasi, Pengaruh & Dampak Positif Negatifnya

Pengertian Globalisasi – Pernahkah Anda mendengar tentang globalisasi? Kata-kata ini mungkin bukanlah kata yang asing didengar oleh masyarakat. Kata-kata ini banyak dibahas oleh masyarakat karena sangat berhubungan dengan kehidupan manusia sehari-hari. Secara umum dan mudah dipahami, globalisasi adalah sebuah proses yang terjadi di seluruh dunia dimana seorang individu tidak diikat oleh negara tertentu dan batas wilayah tertentu pula. Bersama dengan sistem ini maka setiap individu di dunia bisa terhubung dengan dunia luar di belahan bumi manapun didukung dari perkembangan teknologi.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Pengertian globalisasi memang secara umum memang terlalu luas sehingga diperlukan penjelasan lebih lanjut dari beberapa ahli untuk menjelaskan dengan lebih detail lagi. Ada beberapa ahli yang menyebutkan dan menjelaskan mengenai apa itu arti sebenarnya dari kata-kata ini. Beberapa ahli tersebut seperti Achmad Suparman, Anthony Giddens, Thomas L. Friedmen, Malcom Waters dan beberapa ahli lain. Pengertian globalisasi menurut para ahli ini menjadi bahan tambahan untuk memahami secara lebih lanjut tentang arti yang sesungguhnya.

Menurut Achmad Suparman, arti globalisasi sendiri adalah sebuah proses yang menghubungkan kejadian di beberapa lokasi di seluruh dunia dengan kejadian lainnya dari belahan dunia lain dan juga menyebabkan sebuah perubahan pada kedua kejadian tersebut. Sedangkan menurut ahli Thomas L. Friedman, globalisasi sendiri terdiri dari dua dimensi yaitu dimensi teknologi dan dimensi ideologi. Masih banyak lagi pengertian lain mengenai hal ini.

pengertian globalisasi

Globalisasi juga memberikan pengaruh terhadap banyak aspek yang terjadi di dunia. Hal ini terjadi karena sistem ini telah berubah menjadi sebuah fakta nyata yang selalu terjadi dalam kehidupan manusia sehari-hari, Banyak sekali pengaruh yang disebabkan oleh terjadinya arus globalisasi di seluruh dunia. Beberapa pengaruh globalisasi terjadi pada bidang ekonomi, bidang politik, bidang sosial, bidang budaya dan bahkan mempengaruhi bidang ekologi.

Pengaruh Globalisasi dan Dampak Positif Negatifnya

Selain pengertian globalisasi, Anda juga perlu memahami beberapa dampak globalisasi yang bisa terjadi pada kehidupan di dunia. Dampak ini juga merupakan kelanjutan dari pengaruh-pengaruh yang diberikan oleh terjadinya arus globalisasi. Sebelum menjelaskan dampak yang terjadi, globalisasi sendiri disebabkan oleh beberapa hal seperti majunya ilmu pengetahuan dan teknologi, berkembangnya teknologi informasi serta komunikasi dan juga banyaknya kerjasama di bidang ekonomi secara internasional.

Dampak yang ditimbulkan dari globalisasi sendiri ada dua jenis. Kedua jenis tersebut adalah dampak positif dan negatif globalisasi. Perbedaan dampak ini juga sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Kita sebagai subjek harus dapat memilih dengan bijak dari dampak-dampak yang terjadi.

Dampak pertama yang didapatkan adalah dampak positif. Dampak positif globalisasi sendiri cukup banyak. Globalisasi nyatanya memberikan kemudahan bagi perkembangan taraf hidup manusia di seluruh dunia. Beberapa dampak positif tersebut seperti komunikasi yang lebih mudah dan lebih cepat, penyebaran informasi yang sangat berkembang sehingga kita lebih mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan, tingkat pembangunan juga semakin tinggi, selain itu globalisasi juga memberikan efek baik dalam segi pariwisata suatu daerah.

Selain memahami pengertian globalisasi secara menyeluruh kemudian dampak positif yang diterima, selanjutnya adalah dampak negatif globalisasi. Dampak negatifnya juga cukup banyak mempengaruhi kehidupan manusia. Beberapa dampak negatif tersebut adalah lonjakan informasi yang tidak lagi bisa terkendali sehingga membuat banyak informasi yang tidak relevan, sikap individualisme masyarakat yang semakin memuncak, hingga budaya yang semakin hilang.

Tags: