Pengertian Cerpen, dan Contoh Cerpen Singkat

Pengertian cerpen dan contoh cerpen singkat –  Tentu Anda telah sangat akrab dengan istilah satu ini. Bahkan Anda pun pernah membuatnya semasa waktu mengenyam pendidikan di bangku sekolah dahulu. Biasanya cerita ini menjadi bagian dari tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sejatinya istilah ini mewakili sebuah konsep cerita yang disajikan secara singkat. Meskipun singkat, cerita tersebut sangat menarik untuk disimak. Lalu bagaimana sebenarnya Pengertian cerpen ini ?

Pengertian Cerpen

Secara umum, cerpen dipahami sebagai salah satu bentuk karya sastra yang disajikan dengan singkat, jelas, dan langsung pada inti cerita. Dengan kata lain, cerita yang disajikan tidak menggunakan basa-basi yang terlalu banyak. Namun, langsung membahas pokok cerita yang dituangkan dalam tulisan pendek. Sehingga dalam dunia sastra, cerita ini dikenal pula dengan sebutan Cerita pendek. Dalam Kamus Bahasa Indonesia sendiri, istilah ini terdiri atas dua suku kata, yaitu Cerita dan Pendek. Cerita merupakan penuturan tentang bagaimana sebuah hal itu terjadi. Sementara pendek, ialah cerita yang dibuat di bawah 10.000 kata.

pengertian dan contoh cerpen

Ciri Ciri Cerpen :

Jika dilihat dari aspek penulisannya, maka cerita ini dibuat dalam tulisan yang memiliki jumlah kata di bawah dari 10.000 kata. Biasanya juga cerita ini dimuat dalam 10 halaman saja, bahkan ada yang kurang dari 10 halaman. Hal ini dikarenakan sifat cerita yang langsung menuju pokok cerita, tanpa ada banyak kata basa-basi (pengantar). Cerpen singkat juga memiliki beberapa ciri-ciri yang dapat dikenali, diantaranya cerita kebanyakan dibuat berdasarkan kisah dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian cerita tidak mendeskripsikan toko cerita secara detail, akan tetapi cukup membahas inti dari cerita tersebut.

Selanjutnya cerpen singkat ditulis dengan menggunakan kata-kata sederhana dan mudah dipahami oleh pembaca. Dengan kata lain, pembaca dapat mampu mengingat dari alur kisah yang ada pada cerita itu sendiri. Biasanya pula, cerita dibuat dengan hanya menceritakan satu kejadian atau peristiwa saja. Sehingga memudahkan pembaca untuk mengambil intisari dari cerita tersebut.

Kemudian jika dilihat dari unsur-unsur yang terdapat di dalamnya, maka Cerpen singkat ini memiliki beberapa unsur. Unsur-unsur tersebut terbagi ke dalam dua jenis, yaitu Intrinsik dan Ekstrinsik.

Unsur Unsur Cerpen :

1. Unsur Intrinsik Cerpen
Unsur Intrinsik meliputi tema, perwatakan, pesan atau amanat, alur, setting, maupun sudut pandang.

2. Unsur Ekstrinsik Cerpen
Unsur Intrinsik meliputi faktor dari masyarakat dan juga faktor dari penulis itu sendiri.

Nah bagi Anda yang tertarik untuk membuat cerita jenis ini, maka Anda dapat mempelajari berbagai Contoh cerpen singkat yang ada di Internet. Ada berbagai macam pilihan tema yang dapat menjadi referensi cerita Anda. Misalnya cuplikan cerita tentang persahabatan berikut ini yang mungkin dapat menjadi inspirasi Anda.

Contoh Cerpen Singkat :

Alkisah persahabatan 4 orang remaja yang hidup sederhana di sebuah desa. Mereka telah lama berteman sejak kecil, hingga sekarang saat usia mereka telah menginjak usia remaja. Keempat sahabat itu ialah Adit, Hasbi, Aris, dan Deni. Pada suatu hari mereka berjanji untuk sama-sama sukses dengan cara sendiri. Kemudian setelah itu mereka akan bertemu untuk saling menceritakan kesuksesannya.

Tibalah hari yang mereka janjikan itu datang. Keempat sahabat tersebut berkumpul pada sebuah tempat yang sejak lama telah akrab dengan mereka. Adit memulai cerita dengan sukses sebagai pedagang parabot dan Hasbi yang berhasil mendirikan toko kue. Sementara Aris dan Deni, mereka sama-sama sukses dalam bisnis pakaian hand made yang mereka kerjakan sendiri.

Itulah tadi cuplikan Cerpen yang dapat Anda jadikan sumber ide cerita Anda. Selain cerita di atas, masih banyak tema cerita lainnya yang dapat menjadi ide cerita yang akan Anda buat. Misalnya tentang percintaan, maupun pertualangan. Buatlah cerita yang benar-benar menarik minat pembaca untuk menyimak cerita Anda. Selamat mencoba.