Daftar Negara ASEAN , Profil dan Bendera Negara Anggota ASEAN

Negara ASEAN – Indonesia adalah negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Di kawasan ini, ada organisasi yang disebut ASEAN dimana merupakan organisasi ekonomi dan juga geopolitik untuk negara negara ASEAN. Sampai saat ini sudah ada 10 negara ASEAN yang menjadi anggotanya, termasuk juga Indonesia. Singkatan dari ASEAN yakni Association of Southeast Asian Nations dimana berdiri pada 8 Agustus 1967 di Thailand, tepatnya di Bangkok.

Sesuai dengan pembahasan sebelumnya dimana ASEAN berdiri di Bangkok yang ditandai dengan adanya penandatanganan Deklarasi Bangkok. Saat itu terdapat 5 negara pendiri ASEAN yakni Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura dan Filipina. Negara ASEAN lainnya kemudian bergabung di waktu yang lain setelahnya.

Sejak awal berdirinya, ASEAN ini memiliki tujuan demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengembangkan kebudayaan hingga memajukan sosial dan pengembangan hingga perdamaian. Sampai saat ini sudah ada 10 negara anggota ASEAN. Namun, ada beberapa juga yang menyebut jika negara yang menjadi anggota ASEAN ada 11 karena ada Timor Leste di kawasan Asia Tenggara. Meski demikian, faktanya Timor Leste ini belum resmi terdaftar menjadi negara anggota untuk ASEAN ini.

Profil dan Bendera Negara ASEAN :

bendera negara ASEAN
Bendera Negara ASEAN

1. Indonesia
Indonesia beribukota di Jakarta dan dengan mata uang Rupiah Indonesia. Indonesia pun menjadi salah satu pendiri dari ASEAN dimana luas wilayahnya adalah yang terbesar diantara negara anggota lainnya. Indonesia adalah negara kepulauan dimana perannya amat penting dalam hal kemaritiman di kawasan Asia Tenggara. Seperti yang sudah diketahui jika bendera negara ASEAN Indonesia adalah merah putih.

2. Malaysia
Peta negara ASEAN yang satu ini sangat dekat dengan Indonesia dengan ibukota Kuala Lumpur. Bendera negara ASEAN Malaysia adalah garis merah putih dengan lambang bulan dan matahari di bagian sudutnya. Pendapatan per kapita dari Malaysia cukup tinggi jika dibanding negara di Asia Tenggara lainnya.

3. Singapura
Meski luas wilayahnya paling kecil, tapi Singapura termasuk terkuat ekonominya. bendera negara ASEAN Singapura mirip dengan Indonesia tapi ada tambahan lambang bulan dan lima bintang.

4. Thailand
Negara yang satu ini bentuknya monarki sehingga pemimpinnya adalah seorang raja. Thailand memegang peranan penting dalam ASEAN mengingat ASEAN berdiri di ibukota Thailand yakni Bangkok.

5. Filipina
Negara ASEAN berikutnya adalah Filipina dimana adalah negara kepulauan. Ibukotanya ada di Manila dengan mata uang Peso Filipina.

6. Vietnam
Bendera negara ASEAN yang satu ini berwarna merah penuh dengan satu bintang kuning di tengahnya. Ibukota Vietnam yaitu Hanoi.

7. Myanmar
Ibukota negara Myanmar adalah Naypyidaw dengan mata uang Kyat. Negara ini bergabung di ASEAN di tahun 1997.

8. Kamboja
Kamboja bergabung di ASEAN di tahun 1999. Ibukotanya yakni Phnom Penh dengan mata uang Riel Kamboja. Bahasa yang dipakai penduduknya yakni Khmer.

9. Brunei Darussalam
Brunei termasuk negara ASEAN yang maju dengan pendapatan tinggi. Ibukotanya yakni Bandar Seri Begawan dengan mata uang dolar Brunei.

10. Laos
Ibukota negara Laos yaitu Vientiane dan dengan mata uang Kip Laos. Laos masuk negara termiskin di ASEAN karena pendapatan per kapitanya yang sangat rendah.

Baca juga : Masyarakat ekonomi ASEAN

Itulah 10 daftar negara ASEAN beserta gambar bendera negara asean dan penjelasannya. Perlu diketahui jika lambang negara ASEAN adalah berbentuk 10 batang padi terikat dimana melambangkan persatuan serta kesatuan persahabatan dari 10 anggota ASEAN.

Hasil Pencarian:

anggota asean,lambang negara asean,negara asean,anggota neg,bendera begara asean,bendera negara anggota asean,bendera negara asean,contoh alat peraga tentang bendera asean,negara negara asean

Tags: