Pengertian Media Pembelajaran, Macam Macam dan Contohnya

Media Pembelajaran – Agar kegiatan belajar dan mengajar bisa lebih efektif, penggunaan media pembelajaran sangatlah dibutuhkan. Media dibutuhkan agar peserta didik dapat menyerap materi belajar dengan baik. Bayangkan jika peserta didik hanya mendapatkan materi dari pengajar melalui penjelasan langsung tanpa media apapun. Tentunya kegiatan belajar akan terasa sangat membosankan. Akibatnya, peserta didik akan kesulitan untuk memahami isi dari materi yang dipelajari. Lantas, apa sebenarnya pengertian media pembelajaran? Dan apa saja contohnya?

Pengertian Media Pembelajaran :

Media pembelajaran adalah kumpulan berbagai jenis komponen yang ada di dalam lingkungan peserta didik sehingga mereka lebih terangsang untuk mengikuti pelajaran dengan baik. Salah satu pengertian media ini dikemukakan oleh Ali (1992). Media pembelajaran cukup banyak dijelaskan oleh para ahli. Salah satunya adalah, Miarso (2004) juga mengutarakan pendapatnya bahwa media adalah suatu hal yang dipakai untuk merangsang pikiran, kemauan dan perhatian peserta didik untuk mendorong kegiatan belajar. Media juga dapat dijadikan sebagai cara untuk menyalurkan pesan materi kepada peserta didik.

media pembelajaran

media pembelajaran adalah jenis penyajian yang diberikan atau disampaikan kepada peserta didik dengan pengurutan, pengorganisasian dan penjadwalan. Pengertian media pembelajaran yang satu ini dikemukakan oleh Gagne (1990). Berbeda dengan Arif S. Sadirman (1984) ,  Ia berpendapat bahwa Media merupakan segala alat yang bisa merangsang peserta didik untuk belajar dan bisa menyajikan pesan dalam materi kepada siswa. Media bisa berupa buku, kaset, film, dan lain sebagainya. Penggunaan media memang harus dipilih dengan baik agar bisa mendukung suasana dan kegiatan belajar mengajar.

Pada dasarnya fungsi media adalah adalah untuk memperjelas penyajian materi agar tidak membosankan dan dapat dipahami dengan mudah. Media juga harus bisa mengatasi keterbatasan daya indera dan ruang waktu agar kegiatan belajar lebih kondusif. Media juga berfungsi untuk menarik perhatian siswa dan menimbulkan gairah serta semangat belajar para peserta didik. Dengan penggunaan media, diharapkan anak bisa belajar sesuai dengan minat dan kemampuannya.

Memilih media pembelajaran untuk kegiatan belajar tidak boleh asal-asalan. Sebab media harus memenuhi kriteria khusus agar bisa dijadikan sebagai alat untuk merangsang daya pikir dan keingintahuan siswa dalam belajar. Kriteria media untuk belajar dapat mendukung isi materi pelajaran, mudah dipahami, pengajar dapat mengaplikasikannya dan sesuai dengan kemampuan berpikir siswa. Setelah memahami pengertian media, tentu saja Anda harus mengetahui apa saja contoh media yang bisa dipakai untuk kegiatan belajar. Di bawah ini adalah contoh media untuk pembelajaran.

Contoh Media Pembelajaran :

1. Media Audio
Media audio menggunakan indera pendengaran agar siswa bisa menerima pelajaran dengan baik. Pesan akan diberikan baik secara verbal ataupun non verbal. Contoh media pembelajaran yang banyak digunakan para pengajar adalah laboratorium bahasa. Lab bahasa ini bisa digunakan untuk melatih peserta didik untuk berbicara dan mendengar dengan memakai bahasa asing. Tentu saja lab ini bisa dipakai untuk menyajikan materi pelajaran lain sesuai dengan kebutuhan. Media audio lain yang bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar adalah radio, tape recorder, media proyeksi diam, dan lain sebagainya.

2. Media Grafis
Media grafis adalah salah satu media yang bisa dipakai untuk belajar. Media grafis bisa dikatakan sebagai media visual. Contoh media grafis adalah gambar atau foto, bagan, sketsa, grafik, diagram, kartun, dan lainnya.

Demikianlah ulasan terkait dengan pengertian media maupun pengertian media pembelajaran beserta contohnya. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda. Dan untuk menambah wawasan anda, jangan lupa juga untuk mengulas artikel yang berjudul Pengertian Belajar yang telah kami publish sebelumnya. Trimakasih!

Hasil Pencarian:

media pembelajaran,contoh media pembelajaran,pengertian media pembelajaran,media belajar,contoh media pendidikan,media,contoh media pembelajaran visual yang unik,tentang media p,Contoh contoh media pembelajaran,jelaskan mengenai media pembelajaran ekonomi