Lingkungan Hidup – Pengertian, Kerusakan, dan Pelestariannya

Lingkungan Hidup – Secara umum, pengertian lingkungan adalah semua hal yang ada di sekeliling manusia dan mempengaruhi kehidupannya baik secara langsung maupun tidak langsung yang dibedakan menjadi dua yakni biotik dan abiotik. Biotik adalah makhluk hidup seperti kebun di sekolah, ibu dan bapak guru, orang tua, teman sekolah, hewan, tumbuhan dan makhluk hidup lainnya. Sedangkan yang dimaksud dengan abiotik adalah meja, papa tulis, udara, tanah, batuan, mineral, kursi dan benda mati lainnya. Lantas apa yang dimaksud dengan lingkungan hidup? Inilah penjelasan lengkapnya.

Kerusakan dan Pelestarian Lingkungan Hidup

Pengertian lingkungan hidup adalah akumulasi dari semua interaksi yang melibatkan berbagai faktor biotik dan abiotik meliputi semua daya, benda, makhluk hidup, keadaan, manusia sekaligus perilakunya yang mempengaruhi kesejahteraan serta kehidupan manusia bersama dengan makhluk hidup lainnya.

Lingkungan alam sendiri terdiri dari beberapa unsur yakni unsur hayati (Biotik), unsur sosial budaya dan unsur fisik (Abiotik). Seiring dengan berjalannya waktu, kerusakan lingkungan hidup sudah menjadi gejala sosial dan fenomena yang sangat mengkhawatirkan. Bisa dilihat sekarang ini bahwa kerusakan terjadi dimana-mana baik di perairan, daratan sampai dengan atmosfer bumi. Kerusakan yang terjadi pada alam tentunya akan memberikan dampak yang besar dalam kehidupan manusia.

lingkuingan hidup

Anda juga harus tahu bahwa masalah yang selalu dan sampai saat ini dialami oleh semua negara di dunia adalah pencemaran. Berdasarkan UU No 23 (1997), pencemaran lingkungan adalah dimasukkannya atau masuknya energi, zat, makhluk hidup, dan lainnya ke dalam suatu lingkungan oleh kegiatan manusia. Akibatnya adalah adanya penurunan kualitas hingga pada tingkat tertentu yang membuat lingkungan hidup tidak dapat berfungsi sebagaimana peruntukkannya. Ada dua faktor yang bisa menyebabkan adanya kerusakan ini, yakni faktor manusia dan faktor alam. Berikut ini adalah penjelasannya.

Faktor Penyebab Kerusakan Alam :

1. Faktor manusia
Dalam hal ini, manusia memiliki peranan yang sangat besar atas terjadinya kerusakan Lingkungan. Memang, banyak kemajuan dan perkembangan dari segi teknologi yang diciptakan oleh manusia. Sayangnya perkembangan tersebut justru memberikan dampak yang buruk terhadap alam.

Beberapa bentuk kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh manusia diantaranya adalah terjadinya banjir akibat buang sampah sembarangan, sistem drainase yang buruk dan lain sebagainya. Terjadinya pencemaran baik pencemaran air, udara, suara dan tanah akibat banyaknya industri juga membuat alam menjadi rusak.

Hutan yang gundul, kebakaran hutan, pemburuan liar, serta eksploitasi sumber daya alam dengan berlebihan juga merupakan beberapa kerusakan yang disebabkan karena faktor manusia. Saking banyaknya kerusakan karena faktor manusia, tidak mengherankan jika banyak pula artikel lingkungan hidup yang mengulas tentang fenomena ini.

2. Faktor alam
Kerusakan lingkungan karena faktor alam beberapa diantaranya adalah letusan gunung berapi, tsunami, gempa bumi, tanah longsor dan lain sebagainya. Dimana aktivitas alam tersebut mampu menimbulkan kerusakan seperti merobohkan bangunan, membahayakan penerbangan, merusak areal perkebunan dan pertanian dan lain sebagainya.

Baca juga : Pemanasan Global

Untuk menanggulangi kerusakan lingkungan tersebut, ada banyak sekali upaya pelestarian lingkungan hidup yang bisa dilakukan. Pada dasarnya, upaya ini harus dilakukan dengan kerjasama yang baik antara masyarakat dengan pemerintah. Gambar lingkungan alam yang semakin rusak dari waktu ke waktu memang memaksa manusia untuk menanggulanginya sesegera mungkin.

Upaya yang bisa dilakukan diantaranya adalah pelestarian tanah seperti mengadakan reboisasi (penghijauan kembali), pembangunan terasering, penanaman pohon di sekitar rumah, menghindari penggunaan gas kimia, larangan pembabatan hutan liar, reklamasi pantai, dan masih banyak yang lainnya. Sekian informasi mengenai lingkungan hidup, semoga bermanfaat!

Hasil Pencarian:

lingkungan hidup,pengertian lingkungan hidup,lingkungan adalah,artikel tentang lingkungan,pengertian lingkungan,artikel tentang lingkung,artikel lingkungan,Artikel tentng lingkungan,Lingkungan,apa yg dimaksud lingkungan hidup