Kelompok Sosial – Pengertian, Syarat, Ciri Ciri, dan Contohnya

Kelompok Sosial – Jika berbicara mengenai kelompok sosial, sangat erat kaitannya dengan manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, selain sebagai makhluk individu, juga tercipta interaksi antar sesama. Mulanya hubungan yang terjadi tersebut hanya sebatas rasa ingin tahu. Namun jika sudah berlanjut terus, maka akan ditemukan persamaan baik dari kebiasaan hingga tujuan. Contoh kelompok sosial yang paling umum terjadi di instansi pendidikan seperti sekolah, universitas, dan lain-lain.

Pengertian Kelompok Sosial dan Ciri Cirinya :

Pengertian kelompok sosial adalah interaksi antar sekelompok individu yang didasarkan pada kepentingan bersama. Munculnya hubungan tersebut disebabkan oleh beberapa hal termasuk kesamaan ide, pandangan, dan juga kesukaan. Ciri ciri kelompok sosial adalah terdapat individu serta reaksi timbal balik. Kelompok ini juga memiliki fungsi yang beragam, bergantung pada jenisnya. Dalam kehidupan bermasyarakat, ada yang sengaja menciptakan perkumpulan untuk mempererat hubungan antara sesama warga.

kelompok sosial

Salah satu fungsi dari kelompok sosial yaitu meningkatkan kemampuan dalam berinteraksi. Di era modern yang segalanya serba mudah ini, banyak yang enggan bersosialisasi karena merasa bisa mencukupi kebutuhan sendiri. Perilaku ini akan merugikan individunya sendiri karena semua manusia pasti membutuhkan peran dari manusia lainnya.

Interaksi juga bisa menambah wawasan melalui tukar menukar pikiran yang dilakukan. Klasifikasi kelompok sosial lebih didasarkan pada ada tidaknya organisasi yang menaunginya dan juga interaksi. Namun, sebagian besar terjadi dengan alami kecuali jika anggotanya cukup besar.

Klasifikasi Kelompok Sosial :

1. Kelompok formal
Pengertian kelompok sosial menurut para ahli adalah interaksi antara sekelompok orang dengan kesamaan visi serta memiliki anggaran dasar yang jelas. Dalam kelompok sosial yang bersifat formal ini, ciri khasnya ada pada kejelasan pembagian kerja. Contoh yang paling sering ditemui adalah OSIS, organisasi mahasiswa, organisasi pemerintahan, dan lain-lain.

2. Kelompok informal
Jika mengacu pada pengertian kelompok sosial yang telah dijelaskan sebelumnya. Munculnya interaksi pada kelompok ini didasarkan pada rasa simpati dan kekeluargaan. Awal mula terjadinya karena daya tarik antar individu. Dalam organisasi ini tidak terdapat strukturisasi yang jelas. Misalnya adalah kelompok ibu rumah tangga, kelompok belajar, dan lain sebagainya.

3. Kelompok primer
Salah satu syarat terbentuknya kelompok sosial adalah adanya interaksi dari beberapa individu. Anggota pada kelompok ini memiliki hubungan yang erat antara satu dan lain. Tidak ada keharusan memiliki AD ART ataupun strukturisasi yang jelas. Hubungan yang terjadi berdasar pada rasa kepercayaan antar individunya. Contoh dari kelompok sosial primer adalah arisan keluarga, kelompok keagamaan, dan lain-lain.

4. Kelompok sekunder
Pada kelompok ini hubungan yang terjadi tidak erat karena didasarkan pada kesamaan kebutuhan saja. Pengertian kelompok sosial yang interaksinya karena sebab tertentu banyak dijumpai di negara ini. Anggotanya jarang yang memiliki ikatan persaudaraan karena kepentingannya berbeda. Contoh dari kelompok ini adalah partai politik.

Manusia hidup pasti saling membutuhkan satu sama lain dan tidak mungkin hidup sendiri. Perilaku saling membutuhkan inilah yang memicu lahirnya kelompok tertentu. Fungsinya pun saling berkembang karena dari interaksi terus menerus itulah menimbulkan kecocokan di beberapa bidang lainnya termasuk hobi dan juga pekerjaan. Saat ini jumlah perkumpulan semakin banyak dengan tujuan dan kebutuhan yang berbeda.

Baca juga : Konflik sosial

Setelah mengetahui apa itu pengertian kelompok sosial serta ciri dan jenisnya, kini Anda sudah tahu proses terbentuknya bukan?. Hidup berkelompok sangatlah wajar karena satu sama lain saling membutuhkan. Perbedaan yang terjadi nyatanya bisa disatukan jika memiliki pandangan dan kepentingan yang serupa.

Hasil Pencarian:

kelompok sosial,ciri kelompok sosial,contoh kelompok sosial,ciri ciri kelompok sosial,Kelompok sosial dan ciri2nya,kelompok,hubungan ciri ciri kelompol dengan kelompok,pengertian kelompok,ciri-ciri kelompok sosial,ciri kelompok sosial yang ada di masyarakat